KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Yang dimaksud dengan asam kuat adalah ....
A.    asam yang tepat melarutkan logam
B.     asam yang dalam rumus kimianya banyak mengandung atom H
C.     asam yang jika dilarutkan dalam air dapat menghantarkan arus listrik
D.    asam yang dapat memerahkan lakmus biru
E.     asam yang jika dilarutkan dalam air banyak menghasilkan ion H+ atau dengan derajat ionisai 1


No. Soal

1



KunciJawaban


Konten/Materi

Teori asam basa


Indikator Soal

Dapat mendifinisikan yang dimaksud dengan asam kuat




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH larutan.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Di antara pernyataan berikut, yang kurang tepat tentang asam adalah ... .
A.      mempunyai rasa asam
B.      tergolong elektrolit kuat
C.      korosif
D.      dapat menetralkan basa
E.       mempunyai pH lebih kecil dari 7


No. Soal

2



KunciJawaban


Konten/Materi

Teori asam dan basa


Indikator Soal


Dapat menetukan yang bukan sifat dari asam





KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                              Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi asam/basa.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Hasil percobaan warna lakmus dalam larutan sebagai berikut. Berdasarkan data di bawah, maka larutan yang bersifat asam adalah …
Gambar Tanpa Teks

A.      3, 5, dan 6
B.      1, 3, dan 6
C.      3, 4, dan 6
D.      1, 2, dan 6
E.       2, 4, dan 6


No. Soal

3



KunciJawaban


Konten/Materi
Indikator lakmus


Indikator Soal

Disajikan tabel larutan yang diuji dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang bersifat asam





KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Jika harga Kb NH3 = 2. 10-5 maka pH larutan NH3  0,2 M adalah.....
A.    11 + log 2
B.     3 − log 2
C.     8 + log 2
D.    8 − log 2
E.     11 − log 2


No. Soal

4



KunciJawaban


Konten/Materi

Menghitung pH larutan


Indikator Soal

Dapat menghitung pH larutan basa lemah jika parameter yang lain diketahui




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet



 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Jika tetapan suatu asam HA 10-5 , pH larutan HA 0,1 M adalah......
A.    5
B.     4
C.     3
D.    2
E.     1


No. Soal

5



KunciJawaban


Konten/Materi

Menghitung pH asam


Indikator Soal

Dapat menghitung pH larutan asam lemah jika parameter yang lain diketahui






KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutanpenyangga.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Perhatikan tabel berikut
Gambar Tanpa Teks
Dari data percobaan tersebut, tentukan larutan manakah yang termasuk larutan penyangga ?
A.      P
B.      Q
C.      R
D.      S
E.       T

No. Soal

6



KunciJawaban


Konten/Materi

Larutan penyangga


Indikator Soal

Dari data percobaan dapat menentukan suatu larutan yang bersifat buffer ( penyangga )



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA/ Jakarta - Timur


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Berikut adalah beberapa larutan
Gambar Tanpa Teks




A.      (1) dan (2)
B.      (1) dan (3)
C.      (1) dan (4)
D.      (2) dan (3)
E.       (3) dan (5)


No. Soal

7



KunciJawaban


Konten/Materi

Sifat larutan hidrolisis


Indikator Soal

Siswa dapat menganalisis suatu larutan yang memiliki pH diatas 7 jika diberikan rumus kimianya 




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menganalisis garam-garam yang mengalami hidrolisis.

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Sebanyak 100 mL larutan CH3COOH  0,2 M dicampur dengan 100 mL larutan NaOH 0,2 M, jika Ka CH3COOH 1 x 10-5 , pH larutan setelah dicampur adalah.....
A.      2
B.      4
C.      5
D.      9
E.       12


No. Soal

8



KunciJawaban


Konten/Materi

pH larutan penyangga


Indikator Soal

Dapat menghitung pH campuran suatu larutan hidrolisis, jika parameter pendukung diberi tahu



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Berdasarkan reaksi ionisasi Ag2CO3, maka rumus Ksp Ag2CO3 yang tepat adalah....
A.      [ Ag+ ] . [ CO3-2 ]
B.      2.[ Ag+ ] . [ CO3-2 ]
C.      [2 Ag+ ]2 . [ CO3-2 ]
D.      [ Ag+ ] .  2. [ CO3-2 ]
E.       [ Ag+ ]3 .  2.[ CO3-2 ]


No. Soal

9



KunciJawaban


Konten/Materi

Ionisasi garam sukar larut dan menghitung Ksp


Indikator Soal


Dapat menentukan rumus suatu ion – ion garam, agar dapat menentukan rumus Ksp




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

KelarutanAgBrdalam air adalah 3 x 10‑6 mol/Liter, makakelarutanAgBrdalamlarutan CaBr2adalah...
B.     9 x 10-10
C.     9 x 10-11
D.    3 x 10-9
E.     3 x 10-5



No. Soal

10



KunciJawaban


Konten/Materi

Pengaruh ion sejenis tehadap Hitungan Ksp


Indikator Soal


Dapat menghitung Ksp suatu garam dalam suatu larutan garam lainnya yang memiliki ion sejenis



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Kelarutan Mg(OH) dalam NaOH 0,1 M dengan Ksp Mg(OH) = 1,8 x 10¹¹ mol/L adalah ….
A.    1,8 x 10¹³ mol/L
B.     1,8 x 10¹ mol/L
C.     4,5 x 10¹ mol/L
D.    1,8 x 10⁻⁹ mol/L
E.     6,7 x 10⁻⁹ mol/L


No. Soal

11



KunciJawaban


Konten/Materi

Pengaruh ion sejenis tehadap Hitungan Ksp



Indikator Soal


Dapat menghitung Ksp suatu garam dalam suatu larutan garam lainnya yang memiliki ion sejenis




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Berikut ini beberapa garam dan harga Ksp nya..
Gambar Tanpa Teks
A.    (1), (2), (3) dan (4)
B.     (1), (4), (3) dan (2)
C.     (2), (3), (4) dan (1)
D.    (3), (4), (1) dan (2)
E.     (4), (1), (3) dan (2)


No. Soal

12



KunciJawaban


Konten/Materi
Pengaruh besarnya Ksp terhadap kelarutan suatu garam


Indikator Soal

Diberikan data suatu senyawa garam dan Ksp nya, siawa dapat mengurutkan kelarutan senyawa tersebut dari kecil ke besar





KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).

BukuAcuan / Referensi:
Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Sebanyak 100 mL AgNO3 0.01 M dicampur dengan 100 mL H2SO4 0,01 M. Diketahui Ksp Ag2SO4 = 3,2 x 10-5 . pernyataan yang benarmengenai campuran tersebut adalah...
A.    terbentuk endapan karena Ksp < Qc
B.     terbentuk endapan karena Ksp > Qc
C.     belum terbentuk endapan karena Ksp < Qc
D.    belum terbentuk endapan karena Ksp > Qc
E.     Larutan tepat jenuh karena Ksp = Qc



No. Soal

13



KunciJawaban


Konten/Materi

Hubungan Ksp dan Qc


Indikator Soal

Dapat menyimpulkan suatu larutan dapat mengendap atau tidak berdasarkan harga Qc campuran, jika parameter lain diketahui



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).

BukuAcuan / Referensi:
Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Sebanyak 500 mL larutan jenuh MgCO3 ( Mr = 84 ) diuapkan sampai volumenya tinggal 120 mL. Berapa massa MgCO3 yang terbentuk( Ksp MgCO3  = 4.0 x 10-5 )
A.    0,0013 g
B.     0,064 g
C.     0,20 g
D.    0,27 g
E.     2,07 g


No. Soal

14



KunciJawaban


Konten/Materi

Harga Ksp larutan


Indikator Soal


Dapat menghitung massa garam yang mengendap suatu garam dan parameter lain diketahui



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Pada suhu 25oC Al(OH)3 mempunyai Ksp 2,7 x 10-23 , maka pH larutan jenuh Al(OH)3 pada suhu tersebut adalah.....
A.    6
B.     6 – log 2
C.     8+ log 4
D.    8 + log 3
E.     8


No. Soal

15



KunciJawaban


Konten/Materi

Hubungan Ksp dan pH


Indikator Soal


Dapat menghitung pH suatu larutan dari suatu garam yang sukar larut berdasar harga Ksp dan kelarutannya di dalam air



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji


Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Sistem koloid yang dibuat dengan mendispersikan zat padat ke dalam cairan adalah....
A.    gel
B.     sol
C.     emulsi
D.    aerosol
E.     buih


No. Soal

16



KunciJawaban


Konten/Materi
Jenis koloid



Indikator Soal

Dapat menentukan sifat koloid dari zat padat dalam cair




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya


BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

beberapa sifat koloid :
Gambar Tanpa Teks
A.    1 dan 2
B.     1 dan 3
C.     3 dan 4
D.    3 dan 5
E.     4 dan 5

No. Soal

17



KunciJawaban


Konten/Materi

Sifat koloid dan penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari


Indikator Soal

Diberikan 5 sifat dapat menentukan sifat yang cocok digunakan sebagai norit dan azas cuci darah



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah …


No. Soal

18



KunciJawaban


Konten/Materi

Jenis – jenis koloid


Indikator Soal

Dapat menentukan jenis koloid dengan fase pendispersi dan terdispersi



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Mutiara adalah sistem koloid …
A.    Padat dalam cair
B.     Cair dalam gas
C.     Cair dalam padat
D.    Gas dalam cair
E.     Gas dalam padat


No. Soal

19



KunciJawaban


Konten/Materi

Contoh – contoh dalam sistim koloid


Indikator Soal

Dapat menentukan mutiara termasuk dalam sistim koloid apa





KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Partikel koloid bermuatan listrik karena…
A.    Adsorpsi ion-ion oleh partikel koloid
B.     Absorpsi ion-ion oleh partikel koloid
C.     Partikel koloid mengalami ionisasi
D.    Pelepasan electron oleh partikel koloid
E.     Partikel koloid di dilepaskan pendispersinya


No. Soal

20



KunciJawaban


Konten/Materi

Sifat – sifat koloid


Indikator Soal



Dapat menganalisa suatu koloid bermuatan listrik



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Berikut ini yang bukan merupakan sistem koloid adalah ….
A.   Lateks
B.   Air sadah
C.   Tinta
D.   Margarine
E.   Batu apung


No. Soal

21



KunciJawaban


Konten/Materi

Contoh – contoh koloid


Indikator Soal


Dapat menentukan contoh – contoh koloid ...





KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Efek Tyndall terjadi katena partikel koloid ….
A.   Memancarkan cahaya
B.   Menyerap cahaya
C.   Meneruskan cahaya
D.   Menghamburkan cahaya
E.   Mempunyai gerak Brown


No. Soal

22



KunciJawaban


Konten/Materi

Pengujian  - pengujian sistim koloid


Indikator Soal


Dapat mendifinisikan pengujian koloid dengan efek tyndall




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Kelebihan elektrolit dalam suatu dispersi koloid biasanya dihilangkan dengan ….
A.   Elektrolisis
B.   Elektroforesis
C.   Dialisis
D.   Dekalisis
E.   Presipitasi


No. Soal

23



KunciJawaban


Konten/Materi

Pemanfaat sisitim koloid


Indikator Soal


Dapat menentukan bagaimana caranya suatu sistim koloid yang kelebihan elektrolit




KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Pembuatan sol Fe(OH) dilakukan dengan cara ….
A.   Mekanik
B.   Peptisasi
C.   Dekomposisi rangkap
D.   Hidrolisis
E.   Reaksi redoks


No. Soal

24



KunciJawaban


Konten/Materi

Pembuatan koloid


Indikator Soal


Dapat menentukan cara pembuatan sistim koloid Sol Fe(OH)



KARTU SOAL

Tahun Pelajaran 2018/2019


Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA


Mata Pelajaran  : Kimia Lintas Minat                                                              Nama Penulis Soal :                                                             Satuan Kerja :
Kelas                   :  XI IPS                                                                                     Sugeng Ngatono                                                                    SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum          :  K-2013
Kompetensi yang diuji

Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya

BukuAcuan / Referensi:

Buku paket kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet


 

 

Pengetahuan/         Aplikasi                 Penalaran
Pemahaman



DeskripsiSoal

Minyak kelapa dan air tidak dapat bercampur dan terjadi dua lapisan yang tidak saling melarutkan. Emulsi akan terjadi bila campuran dikocok dan ditambah dengan ….
A.   Air panas
B.   Es
C.   Air sabun
D.   Minyak tanah
E.   Larutan garam


No. Soal

25



KunciJawaban


Konten/Materi

Pemanfaatan sistim koloid


Indikator Soal

Dapat menetukan cara pengangkatan molekul minyak dengan air dengan bantuan konsep koloid sistim emulsi





Comments