KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan/atau pH
larutan.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Yang dimaksud
dengan asam kuat adalah ....
A. asam yang tepat melarutkan logam
B. asam yang dalam rumus kimianya banyak mengandung
atom H
C. asam yang jika dilarutkan dalam air dapat
menghantarkan arus listrik
D. asam yang dapat memerahkan lakmus biru
E. asam yang jika dilarutkan dalam air banyak
menghasilkan ion H+ atau dengan derajat ionisai 1
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
1
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Teori asam basa
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
mendifinisikan yang dimaksud dengan asam kuat
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis sifat larutan berdasarkan konsep
asam basa dan/atau pH larutan.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Di antara pernyataan
berikut, yang kurang tepat tentang asam adalah ... .
A.
mempunyai rasa asam
B.
tergolong elektrolit kuat
C.
korosif
D.
dapat menetralkan basa
E.
mempunyai pH lebih kecil dari 7
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
2
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Teori asam dan basa
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menetukan
yang bukan sifat dari asam
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Mengajukan ide/gagasan tentang penggunaan
indikator yang tepat untuk menentukan keasaman asam/basa atau titrasi
asam/basa.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Hasil percobaan warna lakmus
dalam larutan sebagai berikut. Berdasarkan data di bawah, maka larutan yang bersifat
asam adalah …
![]()
A.
3, 5, dan 6
B.
1, 3, dan 6
C.
3, 4, dan 6
D.
1, 2, dan 6
E.
2, 4, dan 6
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
3
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Indikator lakmus
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Disajikan tabel
larutan yang diuji dengan kertas lakmus, siswa dapat menentukan larutan yang
bersifat asam
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menentukan
konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil titrasi asam basa.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Jika harga Kb NH3
= 2. 10-5 maka pH larutan NH3
0,2 M adalah.....
A. 11 + log 2
B. 3 − log 2
C. 8 + log 2
D. 8 − log 2
E. 11 − log 2
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
4
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Menghitung pH larutan
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menghitung pH larutan basa lemah jika parameter yang lain diketahui
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menentukan konsentrasi/kadar asam atau basa berdasarkan data hasil
titrasi asam basa.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Jika tetapan suatu asam HA 10-5
, pH larutan HA 0,1 M adalah......
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
5
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Menghitung pH asam
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menghitung pH larutan asam lemah jika parameter yang lain diketahui
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Merancang, melakukan, dan menyimpulkan serta
menyajikan hasil percobaan untuk menentukan sifat larutanpenyangga.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Perhatikan tabel berikut
![]()
Dari data percobaan
tersebut, tentukan larutan manakah yang termasuk larutan penyangga ?
A.
P
B.
Q
C.
R
D.
S
E.
T
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
6
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Larutan penyangga
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dari data
percobaan dapat menentukan suatu larutan yang bersifat buffer ( penyangga )
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA/ Jakarta - Timur
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis garam-garam yang mengalami
hidrolisis.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Berikut adalah beberapa
larutan
![]()
A.
(1) dan (2)
B.
(1) dan (3)
C.
(1) dan (4)
D.
(2) dan (3)
E.
(3) dan (5)
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
7
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Sifat larutan
hidrolisis
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Siswa dapat
menganalisis suatu larutan yang memiliki pH diatas 7 jika diberikan rumus
kimianya
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis garam-garam yang mengalami
hidrolisis.
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Sebanyak 100 mL larutan CH3COOH 0,2 M dicampur dengan 100 mL larutan NaOH
0,2 M, jika Ka CH3COOH 1 x 10-5 , pH larutan setelah
dicampur adalah.....
A.
2
B.
4
C.
5
D.
9
E.
12
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
8
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
pH larutan penyangga
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menghitung pH campuran suatu larutan hidrolisis, jika parameter pendukung
diberi tahu
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan
dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Berdasarkan reaksi ionisasi
Ag2CO3, maka rumus Ksp Ag2CO3 yang
tepat adalah....
A.
[ Ag+ ] . [ CO3-2
]
B.
2.[ Ag+ ] . [ CO3-2
]
C.
[2 Ag+ ]2
. [ CO3-2 ]
D.
[ Ag+ ] . 2. [ CO3-2 ]
E.
[ Ag+ ]3
. 2.[ CO3-2 ]
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
9
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Ionisasi garam sukar
larut dan menghitung Ksp
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menentukan rumus suatu ion – ion garam, agar dapat menentukan rumus Ksp
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
KelarutanAgBrdalam air adalah 3 x 10‑6
mol/Liter, makakelarutanAgBrdalamlarutan CaBr2adalah...
B. 9 x 10-10
C. 9 x 10-11
D. 3 x 10-9
E. 3 x 10-5
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
10
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pengaruh ion sejenis
tehadap Hitungan Ksp
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menghitung Ksp suatu garam dalam suatu larutan
garam lainnya yang memiliki ion sejenis
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi
terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip kelarutan dan data
hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Kelarutan
Mg(OH)₂ dalam NaOH 0,1 M dengan Ksp
Mg(OH)₂ = 1,8 x 10⁻¹¹ mol/L adalah ….
A.
1,8 x 10⁻¹³ mol/L
B.
1,8 x 10⁻¹⁰ mol/L
C.
4,5 x 10⁻¹⁰ mol/L
D.
1,8 x 10⁻⁹ mol/L
E.
6,7 x 10⁻⁹ mol/L
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
11
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pengaruh ion sejenis
tehadap Hitungan Ksp
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menghitung Ksp suatu garam dalam suatu larutan garam lainnya yang
memiliki ion sejenis
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Berikut ini beberapa garam dan harga Ksp nya..
![]()
A. (1), (2),
(3) dan (4)
B. (1), (4),
(3) dan (2)
C. (2), (3),
(4) dan (1)
D. (3), (4),
(1) dan (2)
E. (4), (1),
(3) dan (2)
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
12
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pengaruh besarnya Ksp
terhadap kelarutan suatu garam
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Diberikan data
suatu senyawa garam dan Ksp nya, siawa dapat mengurutkan kelarutan senyawa
tersebut dari kecil ke besar
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Sebanyak
100 mL AgNO3 0.01 M dicampur dengan 100 mL H2SO4
0,01 M. Diketahui Ksp Ag2SO4 = 3,2 x 10-5 .
pernyataan yang benarmengenai campuran tersebut adalah...
A.
terbentuk endapan karena Ksp < Qc
B.
terbentuk endapan karena Ksp > Qc
C.
belum terbentuk endapan karena Ksp < Qc
D.
belum terbentuk endapan karena Ksp > Qc
E.
Larutan tepat jenuh karena Ksp = Qc
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
13
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Hubungan Ksp dan Qc
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menyimpulkan suatu larutan dapat mengendap atau tidak berdasarkan harga Qc
campuran, jika parameter lain diketahui
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Sebanyak
500 mL larutan jenuh MgCO3 ( Mr = 84 ) diuapkan sampai volumenya
tinggal 120 mL. Berapa massa MgCO3 yang terbentuk( Ksp MgCO3 = 4.0 x 10-5 )
A.
0,0013
g
B.
0,064
g
C.
0,20
g
D.
0,27
g
E.
2,07
g
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
14
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Harga Ksp larutan
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menghitung massa garam yang mengendap suatu garam dan parameter lain
diketahui
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip
kelarutan dan data hasil kali kelarutan (Ksp).
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Pada suhu 25oC Al(OH)3 mempunyai
Ksp 2,7 x 10-23 , maka pH larutan jenuh Al(OH)3 pada
suhu tersebut adalah.....
A.
6
B.
6 – log 2
C.
8+ log 4
D.
8 + log 3
E.
8
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
15
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Hubungan Ksp dan pH
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menghitung pH suatu larutan dari suatu garam yang sukar larut berdasar harga
Ksp dan kelarutannya di dalam air
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Sistem koloid yang dibuat dengan mendispersikan zat
padat ke dalam cairan adalah....
A.
gel
B.
sol
C.
emulsi
D.
aerosol
E.
buih
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
16
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Jenis koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menentukan sifat koloid dari zat padat dalam cair
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
beberapa sifat koloid :
![]()
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
3 dan 4
D.
3 dan 5
E.
4 dan 5
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
17
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Sifat koloid dan
penggunaannya dalam kehidupan sehari – hari
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Diberikan 5
sifat dapat menentukan sifat yang cocok digunakan sebagai norit dan azas cuci
darah
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan
sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Pasangan data yang berhubungan dengan tepat adalah …
![]() |
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
18
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Jenis – jenis koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menentukan jenis koloid dengan fase pendispersi dan terdispersi
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan
sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Mutiara adalah sistem koloid …
A.
Padat dalam cair
B.
Cair dalam gas
C.
Cair dalam padat
D.
Gas dalam cair
E.
Gas dalam padat
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
19
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Contoh – contoh dalam
sistim koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menentukan
mutiara termasuk dalam sistim koloid apa
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Partikel koloid bermuatan listrik karena…
A.
Adsorpsi ion-ion oleh partikel koloid
B.
Absorpsi ion-ion oleh partikel koloid
C.
Partikel koloid mengalami ionisasi
D.
Pelepasan electron oleh partikel koloid
E.
Partikel koloid di dilepaskan pendispersinya
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
20
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Sifat – sifat koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menganalisa suatu koloid bermuatan listrik
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket kimia
kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Berikut ini yang bukan merupakan sistem koloid adalah ….
A.
Lateks
B.
Air sadah
C.
Tinta
D.
Margarine
E.
Batu apung
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
21
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Contoh – contoh koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menentukan contoh – contoh koloid ...
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam kehidupan berdasarkan
sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Efek Tyndall terjadi katena partikel koloid ….
A.
Memancarkan cahaya
B.
Menyerap cahaya
C.
Meneruskan cahaya
D.
Menghamburkan cahaya
E.
Mempunyai gerak Brown
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
22
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pengujian - pengujian sistim koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
mendifinisikan pengujian koloid dengan efek tyndall
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Kelebihan elektrolit dalam suatu dispersi koloid biasanya dihilangkan
dengan ….
A.
Elektrolisis
B.
Elektroforesis
C.
Dialisis
D.
Dekalisis
E.
Presipitasi
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
23
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pemanfaat sisitim
koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat
menentukan bagaimana caranya suatu sistim koloid yang kelebihan elektrolit
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Pembuatan sol Fe(OH)₂ dilakukan dengan cara
….
A.
Mekanik
B.
Peptisasi
C.
Dekomposisi rangkap
D.
Hidrolisis
E.
Reaksi redoks
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
24
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pembuatan koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menentukan cara pembuatan sistim koloid Sol Fe(OH)₂
|
|
|
||||||||
KARTU SOAL
Tahun Pelajaran
2018/2019
Provinsi/Kota/Kabupaten : DKI JAKARTA
Mata Pelajaran : Kimia Lintas Minat Nama
Penulis Soal : Satuan Kerja :
Kelas : XI IPS Sugeng Ngatono SMA NEGERI 98 Jakarta
Kurikulum : K-2013
|
||||||||||
|
Kompetensi yang diuji
Menganalisis peran koloid dalam
kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
BukuAcuan / Referensi:
Buku paket
kimia kelas 11, buku kimia pendukung lainnya dan internet
|
Pengetahuan/ Aplikasi Penalaran
Pemahaman
|
||||||||
|
|
|
DeskripsiSoal
Minyak kelapa dan air tidak dapat bercampur dan terjadi dua lapisan yang
tidak saling melarutkan. Emulsi akan terjadi bila campuran dikocok dan
ditambah dengan ….
A.
Air panas
B.
Es
C.
Air sabun
D.
Minyak tanah
E.
Larutan garam
|
||||||||
|
|
No. Soal
|
|||||||||
|
|
25
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
|
KunciJawaban
|
|||||||||
|
|
|
|||||||||
|
Konten/Materi
Pemanfaatan sistim
koloid
|
|
|
||||||||
|
Indikator Soal
Dapat menetukan
cara pengangkatan molekul minyak dengan air dengan bantuan konsep koloid
sistim emulsi
|
|
|
||||||||






Comments
Post a Comment